Minggu, Juli 07, 2013

Marhaban ya Ramadlan

Gus Abbas
     Bergembiralah segenap kaum muslimin menyambut datangnya bulan suci Ramadlan. Karena dengan perasaan suka cita itu, insya Allah kita dapat melaksanakan amaliyah wajib dan sunnah di bulan puasa nanti dengan ringan dan ikhlas. Dan semua tentu berharap rakhmat, ampunan dan pembebasan dari (dosa) neraka akan dapat diraih. Maka, seluruh amaliyah ibadah puasa nantinya akan terpusat pada
pengharapan akan menjadi orang yang bertaqwa. Seperti disebutkan dalam Al-Quran,
يا أيــها الذين آمنوا كــتب عليكــم الصيــام كمــا كــتب على الين مــن قبلكــم لعلكــم تتــقون

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (QS. Al-Baqarah : 183) "
La'allakum tattaquun mengandung arti bertaqwa dalam pelaksanaan secara kontinyu setelah bulan puasa selesai.

Ayat yang mewajibkan seorang mukmin wajib berpuasa  dan dibolehkan meninggalkannya
2:184. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

2:185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.
Posting Komentar