Selasa, November 05, 2013

Selamat Tahun Baru Islam 1435 Hijriyyah

barisan drumband
Makna bulan Muharram    
     Muharram secara bahasa berarti bulan yang diharamkan. Yaitu bulan yang didalamnya orang-orang Arab dilarang melakukan peperangan atau bulan gencatan senjata. Dalam kitab Tafsir Ibnu Katsir terdapat keterangan berikut,


أَنَّ الْمُحَرَّمَ سُمِّيَ بِذَلِكَ لِكَوْنِهِ شَهْرًا مُحَرَّمًا، وَعِنْدِي أَنَّهُ سُمِّيَ بِذَلِكَ تَأْكِيدًا لِتَحْرِيمِهِ؛ لِأَنَّ الْعَرَبَ كَانَتْ تَتَقَلَّبُ بِهِ، فَتُحِلُّهُ عَامًا وَتُحَرِّمُهُ عَامًا

" Dinamakan bulan Muharram karena bulan tersebut memiliki banyak keutamaan dan kemuliaan, bahkan bulan ini memiliki keistimewaan serta kemuliaan yang sangat amat sekali dikarenakan orang arab tempo dulu menyebutnya sebagai bulan yang mulia (haram), tahun berikutnya menyebut bulan biasa (halal)."
     Sebagai bulan pertama dalam kalender hijiryah, Muharram memiliki banyak keistimewaan serta keutamaan dibanding dengan oleh bulan lainnya yang sebelas lagi. Salah satunya adalah, bahwa bulan Muharram merupakan salah satu dari Al-Asyhur Al-Hurum [bulan-bulan yang dimuliakan] oleh Allah SWT yang berjumlah empat, yakni Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Allah SWT menegaskan hal tersebut dalam surat At-Taubah ayat 36;
“Sesungguhnya bilangan bulan menurut Allah ialah dua belas bulan pada ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”
Amalan di bulan Muharram
     Dalam kitab Nihayatuz Zain, Syaikh Nawawi al-Bantani menerangkan hari-hari tertentu yang disunnahkan berpuasa.
  1. Puasa hari arafah, yaitu puasa pada tanggal sembialn Dzulhijjah bagi yang tidak sedang berhaji.
  2. Puasa tanggal sepuluh Muharram yang dikenal dengan hari asyuro'.  
  3. Puasa tanggal Sembilan Muharram atau disebut dengan hari tasu'a.  
  4. Puasa enam hari di bulan Syawwal.  
  5. Puasa tanggal tiga belas pada tiap bulannya.  
  6. Puasa hari senin dan kamis.
     Puasa tanggal 10 Muharram dapat menebus dosa satu tahun yang lalu. Sedangkan puasa hari ‘Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah dapat menebus dosa dua tahun yang lalu. Hal ini dikarenakan hari ‘Arafah adalah hari khusus bagi Rasulullah SAW. Sedangkan 10 Muharram adalah harinya para Nabi lainnya. Selanjutnya diterangkan pula bahwa 10 Muharram adalah hari yang penuh dengan kesejarahan. Tercatat beberapa kejadian penting yang berlangsung pada hari 10 Muharram, tentunya dengan tahun yang berbeda-beda. 
  1. Hari diciptakannya Nabi Adam as. di dalam Surga.
  2. Hari dikala Nabi Nuh berhenti berlayar dalam banjir bandangnya. 
  3. Allah menjadikan lautan bagaikan daratan sebagai ruang pelarian Nabi Musa sekaligus kuburan bagi Fir’aun. 
  4. Hari keluarnya Nabi Yunus dari perut ikan Hut.
  5. Hari dilahirkannya Khalilullah Nabi Ibrahim as dan juga hari diselamatkannya Nabi Ibrahim as dari kobaran api
  6. Hari kelahiran Nabi Isa as dan hari dimana Allah swt. menyelamatkan Nabi Isa as dari kejaran umatnya dengan mengangkatnya ke atas.
      Sedangkan puasa Muharram disunnahkan berdasarkan pada Hadits Rasulullah SAW :

لئن عشت الى قابل لأصوم من التاسع والعاشر

" Andaikan aku ada umur panjang, aku akan puasa tanggal 9 dan 10 Muharram "
     Dalam kesempatan lain Imam  Ajhuri mengatakan bahwa barang siapa mengucapkan hasbunallah wani’mal wakil ni’mal maula wa ni’man nashir  tujuh puluh kali di malam 10 Muharram, insya Allah, Allah akan mencukupi kehidupannya pada tahun tersebut.
Ditulis oleh Solichin Toip dari berbagai sumber.

Posting Komentar